Paintball game

paintball outbounducation

Paintball vector illustration of paint splattered soldiers walking on patrol


Paintball adalah suatu permainan dimana seorang atau kelompok pemain berusaha untuk mengalahkan pemain / kelompok lain dengan cara memberi tanda cat di tubuh lawan. Peluru cat yang digunakan harus terbuat dari bahan yang aman dan tidak beracun, sedangkan senjata yang digunakan untuk menembakkannya biasa disebutpaintball marker atau paintball gun. Peralatan lain yang harus ada ialah masker pelindung wajah. Selain untuk permainan, teknologi Paintball juga digunakan sebagai simulasi / latihan militer yang lebih serius. Ide permainan paintball pertama kali muncul pada tahun 1976 oleh Evan Thomspon, dan dimainkan pertama kali pada tahun 1981. Permainan paintball bisa dilakukan di dalam maupun di luar ruangan dengan barikade alam dan buatan.
paintball games

Permainan paintball

Paintball marker
Paintball marker atau paintball gun adalah peralatan yang paling utama. Pistol Paintball ini memiliki loader / hopper yang merupakan tempat / wadah peluru cat serta sebuah tabung gas bertekanan tinggi sekitar 4500 Psi. Senjata juga dilengkapi kunci pengaman untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.
Peluru Paintball
Merupakan amunisi utama pada permainan paintball, berupa peluru yang berisi cairan berwarna / cat. Bahan cat yang digunakan tidak berbahaya bagi manusia maupun bagi lingkungan.
Kualitas dari permainan paintball ditentukan kuat oleh kualitas dari peluru yang digunakan. Ciri peluru dengan kualitas baik ialah bentuknya bulat sempurna sehingga memiliki akurasi yang baik, kulitnya tipis sehingga mudah pecah ketika terkena badan atau objek lain, serta memiliki cat yang berwarna mencolok ketika mengena objek dengan latar belakang warna apapun dan sulit untuk dihapus selama permainan masih berlangsung. Beberapa peluru terbaik saat ini memiliki cat berwarna metalik sehingga sangat terlihat ketika mengenai tubuh dan sulit untuk dihapus.
Masker / goggle
Goggle adalah perangkat keamanan untuk melindungi area wajah terutama bagian mata. Selama berada di arena permainan, pemain tidak diperkenankan ntuk melepas masker. Saat ini masker untuk permainan paintball sudah dibuat sedemikian rupa sehingga sangat nyaman digunakan dan tentu saja aman.
Selain peralatan yang disebut di atas, masih banyak peralatan tambahan yang umumnya dimiliki oleh pecinta paintball, diantaranya seperti (pods) tempat menyimpan peluru cadangan, pelindung lutut dan siku, pakaian seragam militer, sarung tangan dan lain sebagainya

mengenal paintball

Permainan paintball


Peraturan permainan sangat bergantung pada jenis permainan yang dimainkan, misalkan permainan merebut bendera (capture flag) dimana setiap regu dinyatakan menang jika telah berhasil merebut bendera yang ditentukan, dan lain sebagainya. Namun ada peraturan pokok yang harus ditaati dalam suatu permainan paintball, utamanya yang berhubungan dengan keselamatan dan fairgame, berikut diantaranya :
1. Dilarang melepas masker / google dengan alasan apapun selama peserta berada di dalam arena paintball, baik selama peperangan berlangsung maupun tidak. Melepas masker pelindung wajah adalah perbuatan yang sangat berbahaya, karena sangat mungkin peluru dengan kecepatan sekitar 200 km/jam mengenai organ sensitif seperti mata dan mengakibatkan cedera parah. Banyak peserta yang secara tidak sengaja membuka masker pelindungnya ketika mereka terkena tembakan, terjatuh atau regu mereka telah kalah, ini adalah tindakan yang terlarang.
2. Setiap senjata paintball (paintball gun) memiliki pengunci untuk keamanan, instruktur biasanya meminta untuk mengunci senjata selama permainan tidak berlangsung untuk keamanan.
3. Jarak tembak minimum adalah 4.5 – 5 meter, menembak ke arah lawan di dalam range jarak minimum adalah sangat berbahaya terutama jika mengenai area wajah, walaupun terlindungi oleh masker, percikan cat dengan kecepatan tinggi bisa masuk ke bagian dalam masker, juga sangat memungkinkan peluru mengenai bagian yang tidak terlindungi seperti leher, dan menyebabkan luka serius.
4. Hit, seseorang dinyatakan tertembak dan harus keluar dari arena jika terkena tembakan sempurna (peluru pecah dan cat mengenai tubuh) dibagian tubuh manapun. Beberapa permainan mengharuskan tembakan mengenai bagian tertentu seperti masker atau badan dan tidak menghitung tembakan yang mengenai tangan atau kaki.
5. Seseorang yang telah tertembak harus mengangkat senjata dan keluar dari arena, peserta lain tidak diperkenankan untuk menembakinya secara berulang untuk alasan keamanan.

6. Wiping atau membersihkan cat yang menempel pada bagian tubuh ketika tertembak dengan tujuan untuk mengelabui lawan adalah tidak dibenarkan dan merupakan kecurangan. Setiap permainan biasanya akan diawasi oleh wasit / pengawas yang berada di lapangan, namun kadang kecurangan masih dilakukan. Untuk itu beberapa jenis permainan menjatuhkan sangsi / pinalti yang beragam bila kedapatan ada seseorang melakukan wiping, misalnya diskualifikasi atau peraturan 3 untuk 1, 3 orang terdekat keluar untuk satu orang yang melakukan kecurangan.

7. No contact, selama permainan, tidak diperkenankan melakukan kontak fisik dengan lawan

paintball team

paintball team