Ini Ciri – Ciri Orang Sukses

Kalo baca ataupun dengar kata “Sukses” pasti yang ada di benak kita hidup berkecukupan, apa yang di cita – citakan tercapai dll. Siapa sih yang ga mau sukses? Semua pasti ingin sukses apa lagi orang sukses itu selalu di puja puji orang lain. Nah kesuksesan seseorang bisa di rai pada saat masih muda, bahkan ada yang mendapat kesuksesan tua nanti. Kesuksesan seseorang dapat terlihat dari beberapa gaya hidupnya. Mau tau ciri – ciri dari orang sukses?

Ciri Orang Sukses; Suka Memberi

Kita tahu bahwa  memberi tidak akan membuat kita menjadi miskin, justru malah sebaliknya suka memberi dapat melipat gandakan sesuatu yang telah kita berikan. Seperti kata pepatah “Tidak akan menjadi miskin bila sering memberi”. Memberi sesuatu harus dengan ikhlas dan tanpa pamrih. Memberi juga tidak harus berupa materi, bisa berupa waktu dan tenaga. Contoh waktu yaitu menghabiskan banyak waktu dengan keluarga terlebih dengan orang tua. Quality time dengan keluarga amat penting untuk mendongkrak kesuksesan kita, sharing mengenai pekerjaan ataupun kehidupan kita. So mulai sekarang belajarlah memberi dengan ikhlas dan tanpa pamrih.

Ciri Orang Sukses; Mempelajari Hal Baru

Selalu ada pembaharuan dalam dan luar diri. Menargetkan hal – hal baru untuk di pelajari. Mari kita lihat dari para konglomerat dan filantropis terkaya di dunia seperti Bill Gates dan Mark Zuckerberg. Terlihat mental orang kaya dan sukses adalah mental yang tidak pernah puas. Itu berarti mereka selalu mempelajari hal baru karena mereka menyadari bahwa masih banyak hal yang belum mereka ketahui meski mereka sudah di atas angin.

Sosok mereka di tunjukkan dengan kerendahan hati untuk mau belajar. Bahkan Mark Zuckerberg bertaruh untuk dirinya sendiri dengan membaca buku setiap bulan. Ingin seperti mereka? Mulai dari sana, dari sekarang.

 

Ciri Orang Sukses; Sering Membaca

Di zaman yang serba digital ini, buat kalian pasti susah untuk focus dan konsentrasi dalam membaca buku. Apalagi dihadapkan dengan smartphone yang super canggih. Mungkin ada yang setiap hari men-stalking medsos atau browsing sampai puas. Untuk itu haruslah di optimalkan fungsi smartphone tersebut. Dengan mengalihkan kegiatan membaca kamu dan mengkombinasikan dengan browsing melalui situs – situs dan aplikasi yang terpecaya dan informatif. Banyak situs dan aplikasi yang selalu up to date memberikan informasi setiap harinya. Salah satu rahasia orang terkaya di dunia adalah selalu update dengan informasi dan kondisi terkini dan bias beradaptasi dengan trend terbaru karena nggak cuek sama hal – hal disekitarnya.

Ciri Orang Sukses; Tidak Munafik

Kamu pasti familiar deh sama istilah yang sering digunakan buat menyebut orang yang nggak tulus ini? Sebutan fake atau yang dalam bahasa Indonesia-nya ‘palsu’ ini bisa diasosiasikan dengan kebiasaan cari muka atau sikap munafik yang di depan nggak sama dengan di belakang. Kalau kamu masih suka mencari perhatian dan selalu ingin menyenangkan orang lain meski dalam hati kamu nggak nyaman, segera stop kebiasaan itu. Belum ada kisah orang sukses yang tidak menentang arus dan meraih posisi yang sekarang dimiliki atas hasil menyenangkan orang lain.

Jadilah diri kamu apa adanya yang tulus, dan ingat, kalau kamu harus menyenangkan orang terlebih dahulu sebelum orang tersebut menerima kamu, maka orang tersebut hanya membuang waktu kamu saja.

Ciri Orang Sukses; Disiplin Waktu

Punya janji? Ada deadline yang harus dipenuhi? Jam bangun harus ditaati? Tugas yang harus dikumpulkan? Kebiasaan sehat yang mulai dibangun dan diusahakan setiap harinya? Nah, kalau di usia muda sekarang kamu udah mampu menyeimbangkan dan mengatur waktu sesuai porsi kegiatan kamu itu tanda kalau kamu siap banget jadi orang kaya. Orang kaya itu pasti berawal dari nol, rela hati mendisiplinkan diri. Ingat peribahasa “Berakit – rakit ke hulu, berenang – renang ketepian. Bersakit – sakit dahulu, bersenang – senang kemudian“. Rela bersakit – sakit dengan segudang hal yang harus dikerjakan, terdesak waktu, namun berhasil diselesaikan.

Biasakan menghargai waktu dan disiplin. Karena artinya pondasi yang kamu bangun bukan jenis pondasi yang mudah tergoyahkan.

Ciri Orang Sukses; Menjaga Kesehatan

Semua kerja keras yang kamu lakukan nggak akan ada artinya kalau nantinya kamu harus menderita berbagai masalah dengan kesehatan kamu karena nggak menjaga diri selagi muda. Masih beralasan tidak ada waktu? Kesehatan itu penting sekali, dan merupakan bentuk utama dari mencintai diri sendiri. Percuma kalau kamu mampu mencapai goal tapi harus terhenti karena sakit. Jadi, yuk mulai merutinkan jadwal olahraga dan makan – makanan yang lebih sehat. Percaya deh, waktu yang kamu sisihkan dan uang yang kamu belanjakan itu nggak akan percuma.

Ciri Orang Sukses; Pendengar yang Baik

Membiasakan diri untuk menjadi pendengar yang baik bagi orang lain akan memberikan kamu perspektif yang jauh berbeda dari ketika kamu yang lebih banyak berbicara. Kamu juga akan meningkatkan kemampuan observasi kamu, yang akan membekali kamu untuk lebih menjadi pengamat dalam dunia yang kamu tekuni dan membantu kamu membuat keputusan berdasarkan kepekaan kamu terhadap hal-hal yang ada di sekitar kamu. Dua telinga kamu lebih banyak dari satu mulut bukan tanpa alasan, dan mulailah lebih banyak berinteraksi sebagai pendengar jika ingin sukses mencapai gaya hidup yang kamu inginkan.

Udah melakukan sebagian kebiasaan yang disebutkan di atas? Kalau iya, selamat, kamu udah ada di jalan yang benar menuju kesuksesan.

Ingin baca artikel lainnya? Disini