Installing Customer Service Mindset

Kami adalah konsultan manajemen dan training soft skill dengan program yang customized, modul pelatihan customer service adalah salah satu core kompetensi kami, hubungi 08111913355, 081514894676.

Pelatihan pelayanan pelanggan atau Customer Service bukan hanya menjadi tanggung jawab bagi karyawan yang melakukan kontak langsung dengan pelanggan namun merupakan tanggung jawab seluruh perusahaan, untuk itu di perlukan program pelatihan Customer service yang juga mencakup pembentukan budaya service dalam perusahaan.

Pelatihan-pelayanan-pelanggan

Bila anda membutuhan pelatihan pelayanan pelanggan atau customer Service yang berbeda silahkan klk tautan berikut untuk mendapat informasi lebih detail :

Metapro Indonesia

 

Pelatihan pelayanan pelanggan atau Customer Service

Sebuah institusi yang produknya adalah jasa pelayanan suatu saat ingin melakukan employee gathering namun bukan hanya sekedar untuk fun saja namun Pimpinan menghendaki ada tema sentral yang ingin ditanamkan dan dibawa pulang dari kegiatan ini sehingga dipilih sebuah aktifitas Outbound Training dan Team Building dengan metoda yang berbeda.

Bagaimana menanamkan pesan ini dalam suasana hati para peserta yang moodnya ingin berjalan-jalan namun tidak mengorbankan kepentingan organisasi? Yang umum terjadi adalah Provider Outbound menawarkan berbagai games yang “nantinya” diperkirakan dapat menyampaikan pesan yang berhubungan dengan pelayanan pelanggan atau customer service.

Kami memang bukan penyedia tempat outbound yang biasanya sudah terpasang peralatan games atau memiliki berbagai games yang nantinya dihubung-hubungkan dengan tema sentral, kami adalah pelaku Pelayanan pelanggan atau Customer Service yang paham betul konsep pelayanan prima yang bertumpu pada konsep 3P : Product-Process-People, kami memiliki questioner untuk mengukur kepuasan pelanggan, kami membuat SOP pelayanan di setiap moment of truth dan kami juga melatih karyawan untuk Service Readyness didalam kelas, sehingga dalam membuat program Outbound Training kami mempertimbangkan semua hal itu, bagi kami suasana FUN, kompak, kekeluargaan, komunikasi, dan kreatifitas adalah efeksamping, sudah pasti di dapat, namun yang penting peserta tanpa disadari terinstall Mindset Customers Service excellence.

Bagaimana program ini dilakukan? :

installing-service-excellence-mindset1installing-service-excellence-mindset2Ratusan peserta bersama-sama berangkat dari Jakarta menuju Bali mengunakan pesawat, berkumpul dari kantor menuju airport, Check in dan boarding. Sebuah moment of truth dalam konsep Customer Service excellence yang bisa dipelajari.

 

Setibanya di bali dilayani dan disambut dengan kalungan installing-service-excellence-mindset3installing-service-excellence-mindset4bunga, muncul persoalan2 kecil seperti bagasi, pembagian bus dan menunggu peserta dengan pesawat berikutnya, bukankah ini moment of truth pelayanan pelanggan yang perlu diamati.

Jalan-jalan mengunjungi berbagai tempat wisata, makan seafood di pantai Jimbaran, kintamani, tanah lot dan installing-service-excellence-mindset5installing-service-excellence-mindset6beberapa lagi tempat wisata.Tinggal di hotel berbintang, bertemu dengan staff hotel, mulai dari satpam, front office, teknisi AC, room boy dan bahkan chef hotel, semuanya adalah rangkaian proses pelayanan yang terintegrasi, lantas apa yang bisa di pelajari? banyaksekali, bagaimana membagi peserta dan memberi penugasan tanpa mengurangi suasana fun? itulah “ART” nya, Bagaimana menjaga semangat dan kekompakan serta tetap fokus pada tujuan utama untuk menginstall Mindset Customer Service Excellence, Itulah pekerjaaninstalling-service-excellence-mindset7 kami sebagai instruktur OUTBOUNDUCATION, yang juga siap di audit diakhir acara, apakah kami melakukan tugas dengan kepuasan customer yang tinggi?, kebanyakan orang melakukan pelatihan Customer Service excellence namun tidak melakukan apa yang diajarkannya, dalam NLP (Neuro Lingusitic Programming) ini disebut tidak kongruens atau tidak selaras, dalam seni komunikasi dikenal istilah  “communicator is the message” .

installing-service-excellence-mindset8installing-service-excellence-mindset9Bagaimana membuat peserta tetap antusias menjalani berbagai penugasan, kapan mereka berdiskusi dalam kelompok, apa output yang diharapkan dan kapan mereka mempresentasikan hasil observasi serta memberikan rekomendasi perbaikan Customer service ditempat kerja.

Nampaknya mudah diatas kertas, dalam suasana installing-service-excellence-mindset10installing-service-excellence-mindset11hati peserta inginnya jalan-jalan, bila ada waktu luang ingin kepantai, ingin shopping, ingin ke café dst, namun pada saat yang sama dituntut untuk memberikan rekomendasi kepada pimpinan, Teknologi NLP menyediakan berbagai Tools yang dapat digunakan seperti teknik reframing yang ampuh mengkondisikan peserta agar tidak ada protes, membangun suasana peak performance, menurunkan gelombang beta menjadi alfa untuk memasukan pesan tanpa disadari, itulah teknik waking HIPNOSIS yang membuat suasana tetap fun dan penuh tawa. Pemberian penghargaan saran terbaik dari peserta untuk pelayanan prima dengan kriteria tertentu mengindikasikan adanya proses belajar bukan hanya sekedar jalan-jalan belaka dan yang terpenting dapat diukur bagaimana Mindset Customer Service excellence ini semakin kuat.